467 Peneliti Bersaing Raih Dana Riset DIPI

467 Peneliti Bersaing Raih Dana Riset DIPI

JAKARTA – Sebanyak 467 peneliti mengajukan proposal ke Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) untuk bersaing memperoleh dana hibah penelitian Rp1,5 miliar. “Ini melampaui ekspektasi kami,” kata Direktur Eksekutif DIPI, JW Saputro, sebagaimana dimuat Antara, Kamis (4/8/2016).

 

Ia mengapresiasi semangat para peneliti Indonesia dalam menyiapkan proposal penelitian terbaiknya. “Jika Anda peneliti yang baik dan memiliki proposal yang baik pula, Anda layak memperoleh dana penelitian”, ucapnya.

 

Penerimaan prorosal telah berakhir pada 31 Juli 2016, dan secara total DIPI menerima 467 proposal penelitian selama dua bulan masa pendaftaran sejak 15 April.

 

Sebanyak 205 proposal berasal fokus area identitas, keragaman, dan budaya. Sementara dari fokus area kehidupan, kesehatan, dan nutrisi proposal yang masuk berjumlah 262.

 

Proposal yang masuk, menurut dia, selanjutnya akan melalui seleksi awal untuk menilai apakah proposal tersebut memenuhi persyaratan teknis. Seleksi tersebut dilakukan pada 2–3 Agustus 2016 di Malang, Jawa Timur.

 

Selanjutnya, kata Saputro, kelayakan proposal akan dinilai oleh peerreviewer. Berikutnya, peneliti utama (principal investigator) diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan atau sanggahan atas penilaian dan komentar dari para reviewer.

 

“Proposal yang lulus tahap ini akan disampaikan kepada science reviewpanel selaku juri, untuk selanjutnya masuk tahap tinjauan terhadap anggaran penelitian sebelum DIPI memberikan keputusan final,” ujarnya.

 

Seluruh proses ini diperkirakan rampung dalam jangka waktu empat bulan, sehingga proposal yang lulus seleksi dapat diumumkan pada November 2016. DIPI menyediakan dana hingga Rp1,5 miliar per tahun untuk setiap proposal, dengan durasi maksimal penelitian adalah tiga tahun.

 

Saat ini para peneliti juga masih dapat berkompetisi untuk mendapatkan dana hibah di bidang astronomi dan lingkungan dalam program joint call for research proposal bekerja sama dengan Research Council UK. Informasi lebih lanjut mengenai program hibah penelitian dapat diakses melalui laman resmi DIPI. (ira)

(rfa)

 

source: http://news.okezone.com/read/2016/08/04/65/1454744/467-peneliti-bersaing-raih-dana-riset-dipi